Konsep Sufi Healing dengan Metode Tasawwuf Imam Abdullah Al-Haddad

Authors

  • Anisa Aliya Pondok Modern Arrisalah Program Internasional

Keywords:

Sufi Healing, Tasawwuf, Abdullah al-Haddad

Abstract

Krisis kesehatan mental membayangi dunia karena saat ini jutaan orang di berbagai negara dikelilingi oleh kematian dan penyakit. Hal tersebut diakibatkan salah satunya oleh permasalahan sosial yang memicu timbulnya berbagai ketakutan, seperti takut akan kemiskinan, dan kecemasan. Rasa cemas dan gelisah merupakan penyebab utama timbulnya gejala-gejala dan gangguan kejiwaan. Maka yang perlu diobati adalah dari segi jiwanya. Tidak semua penyakit dapat diobati dan ditangani dengan pengobatan medis, pengobatan-pengobatan alternatif tidak dapat dipungkiri peranannya dalam berpartisipasi menyehatkan masyarakat. Tasawuf hadir guna memberikan jawaban untuk menemukan totalitas kesehatan jasmani dan rohani dalam diri manusia. Kaum sufi umumnya memandang bahwa dunia spiritual dapat berimplikasi bagi dunia material. Dengan itu mereka memperkenalkan pengobatan secara sufistik atau psioterapi sufistik. Terapi sufistik ini yang dimaksudkan adalah pengobatan yang bernuansa islami dengan sasaran untuk mewujudkan manusia yang berjiwa sehat. Pendekatannya dapat dilakukan melalui bimbingan penyuluhan, pendekatan tobat, dzikir, dan sebagainya. Pengobatan tersebut banyak macamya, diantaranya; Spiritual Rasio Nutrisi dan Olahraga, metode qur’an healing, terapi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique), dan sekarang muncul sufi healing sebagai salah satu metode untuk mengatasi problem spiritual. Disini penulis ingin membahas tentang salah satu dari penawaran tersebut, yaitu sufi healing. Dalam penulisan makalah ini, penulis akan membahas tentang spiritual healing dengan metode tasawwuf Imam Abdullah al-Haddad. Abdullah al-Haddad yang merupakan ulama’ pembaharu abad-20, yang berasal dari Hadramaut Yaman. Ia adalah orang yang terkenal akan kewaliannya dan pengarang wirid yang sangat terkenal, yaitu raatib Haddad. Makalah yang penulis tulis merupakan studi kasus, sekaligus penelitian kualitatif terhadap pembumian nilai-nilai tasawuf dalam kehidupan sehari-hari.

References

al-Ghazali, A. H. (1992). Al- Munqidz min adz-Dzolal. Damaskus.

al-Haddad, A. (2017). Tasawwuf Kebahagiaan, Ter. Muhammad al-Baqir. Bandung: Mizan Pustaka.

al-Haddad, A. b. (1993). Risalah Mu’awanah. Hadramaut: Daar al-Haawii.

al-Haddad, A. b. (1993). an-Nafaais al-‘Uluuwiyah fii al-Masaa’il ash-Shuufiyah. Hadramaut: Daar al-Haawii.

al-Haddad, A. b. (2000). Mutiara Zikir dan Doa’a Syaikh Ratib al-Haddad, Ter. Al-Hamid al-Husaini. Bandung: Pustaka Hidayah.

Aotad, H. (n.d.). Tarekat Habib Abdullah al-Haddad. ikomah@klinik_digital.

Arroisi, J. (2020). Terapi Psikonerosis Perspektif Ustman Najati. Analisis: Jurnal Studi Keislaman Volume, 20, No. 2, 160.

Arroisi, J. (November 2018). Spiritual Healing dalam Tradisi Sufi. TSAQOFAH Jurnal Peradaban Islam, Volume 14, Number 2.

Asy-Syatha, S. A. (2003). Missi Suci Para Sufi. Yogyakarta: Mitra Pustaka.

Hornby, A. S. (1995). Oxfor Advanced Learner’s. Oxford: Oxford University.

Muhdhor, Y. A. (2010). Mengenal Lebih Dekat Al- Habib Abdullah Bin Alawi Al-Haddad, Kisah hidup, tutur kata, tarekatnya. Cahaya Ilmu Publisher.

Murtini, H. F. (2017). Relaksasi Untuk Mengurangi Stres Pada Penderita Hipertensi Esensial. Jurnal HUMANITAS 12, no. 1, 24.

Rahmatiah, S. (2017). Metode Terapi Sufistik Dalam Mengatasi Gangguan Kejiwaan. Jurnal Da’wah, Tabligh, Vol 18, No 2 .

Siti Nur Aini. (2015). Konsep Sufi Healing Menurut M. Amin Syukur Dalam Perspektif Bimbingan (Skripsi). SEMARANG: FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI.

Solihin, M. (2004). Penyembuhan Penyakit kejiwaan Perspektif Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Solihin, M. (2004). Penyembuhan Penyakit kejiwaan Perspektif Tasawuf. Bandung: Pustaka Setia.

Subandi. (2009). Psikologi Dzikir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sumaith, Z. b. (2012). Thoriqoh Alawiyah, terj. Al-Manhaj as-Saawiy, Syarh Ushuul Thariqah al-Ba’Alawi, Husnin Nabil. Tangerang Selatan: Penerbit Nafas.

Syukur, M. A. (November 2012). SUFI HEALING: Terapi dalam Literatur Tasawuf . Walisongo, Volume 20, Nomor 2.

Zahri, M. (n.d.). Kunci Memehami Ilmu Tasawwuf. Surabaya: Bina Ilmu.

Zarkasyi, H. F. (Maret 2020). Iman dan Kesehatan Psikis Perspektif Said Nursi. Kalimah: Jurnal Studi Agama-Agama dan Pemikiran Islam Vol. 18 No. 1.

Akmal, Muhammad Nathan Zachary. “Pengaruh Bersyukur Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa PENS.” Jurnal Psikologi Islam Vol. 6, No (2023).

Al-Haddad, Alwi bin Ahmad bin al-Hasan bin Abdullah bin Alwi. Mutiara Zikir Dan Doa’a Syaikh Ratib Al-Haddad Syarh Ratib Al-Haddad, Ter. Al-Hamid Al-Husaini. Bandung: Pustaka Hidayah, 2000.

Al-Muhdhor, Yunus Ali. Mengenal Lebih Dekat Al-Habib Abdullah Bin Alawi Al-Haddad. Cahaya Ilmu Publisher, 2010.

Amaniey, Muhammad Dzakir. “Hubungan Antara Bersyukur Dengan Kesehatan Mental Pada Mahasiswa.” Acta Psychologia, 2022 Volume 4 N (2022).

Aotad, Hasanul. Tarekat Habib Abdullah Al-Haddad. Yogyakarta: Ikomoah@klinik-Digital, 2015.

Febrianti, Selma. “MENEMUKAN HARMONI BATIN MELALUI ZUHUD: TINJAUAN LITERATUR TERHADAP KONSEP WELL-BEING.” JURNAL ILMIAH MULTIDISIPLIN ILMU Vol 2 No. (2025).

Hasanah, Alfira. “PSIKOLOGI GRATITUDE MANFAAT BERSYUKUR UNTUK KESEHATAN MENTAL.” Psikologi Vol. 1 No. (2024).

Isdianto, Andik. “PENGARUH TAWAKAL DAN DZIKIR TERHADAP KESEHATAN MENTAL DAN STRES DALAM KEHIDUPAN MODERN.” Multidisciplinary Indonesian Center Journal (MICJO) Vol. 2 No. (2025).

Khasanah, Putri. “Hubungan Antara Kesehatan Mental Bagi Aktivitas Sehari-Hari.” Gudang Jurnal Multidisiplin Ilmu Volume 2 ; (2024).

Mahfud, Dawam. “PENGARUH KETAATAN BERIBADAH TERHADAP KESEHATAN MENTAL MAHASISWA UIN WALISONGO SEMARANG.” JURNAL ILMU DAKWAH Vol. 35, N (2015).

Permatahati, Silvy Dian. “Implikasi Sabar Pada Kesehatan Mental Perspektif Zakiah Darajat.” Universitas Negeri Sunan Ampel, 2022.

Putri, Prystia Riana. “Efek Syukur Terhadap Kesehatan Mental: A Systematic Review.” Jurnal Ilmiah Kesehatan Vol 14, No (2021).

Rahmadhanty, Rafiqah. “Psikoterapi Tawakkal: Implementasi Terapi Berdasarkan Konsep Tawakkal Dalam Islam.” Psychology Journal of Mental Health Volume 4, (2023).

Rasmayanti, Diana. “Pengaruh Ridha Dan Resiliensi Terhadap Beban Perawatan Keluarga Pendamping Skizofrenia Pada Komunitas Peduli Skizofrenia Indonesia.” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2023.

Ross, Hanna Oktasya. “Implementasi Konsep Sahdzan (Sabar Dan Huznudzan) Sebagai Upaya Perawatan Kesehatan Mental Di Masa Pandemi Covid-19.” 1Khazanah: Jurnal Mahasiswa Volume 12 (n.d.).

Saripah, Tika. “FUNGSI ZUHUD TERHADAP KETENANGAN JIWA (Studi Analisis Terhadap Tafsir Jailani Karya Abd Al-Qadir Jailani).” Al-Bayan: Jurnal Studi Al-Qur‟an Dan Tafsir 2, 2, Dese (2017).

Zulhammi. “TINGKAH LAKU SABAR RELEVANSINYA DENGAN KESEHATAN MENTAL.” Jurnal Darul ‘Ilmi Vol. 04, N (2016).

الحداد, عبد الله. النفائس العلوية في المسائل الصوفية. حضر موت: دار الحاوي, 1993.

———. رسالة المعاونة و المظاهرة و المؤازرة للراغبين من المؤمنين في سلوك طريق الآخرة. حضر موت: دار الحاوي, 1993.

الحداد, عبد الله بن علوي. ديوان الامام الحداد المسمى الدر المنظوم لذي العقول و الفهوم. تريم: دار الحاوي, 2001.

القضماني, محمد ياسر. السادة آل أبي علوي و غيض من فيض أقوالهم الشريفة و أحوالهم المنيفة. دمشق: دار نور الصباح, 2014.

الهرى, عبد الله الأنصاري. كتاب مناول السائرين. بيروت: دار الكتب العلمية, 1988.

Downloads

Published

2025-10-15